Anakku, jadinya suku apa?


Kalo ditanya Dira berasal dari suku apa? jawaban yang tepat apa ya? Aku jelas-jelas orang Sunda. Dua orang tua saya asli Sunda, aku lahir dan besar di tanah Sunda, bisa berbahasa Sunda, mengenal sedikit kebudayaan Sunda. Sementara papanya, walopun lahir dan besar di Jakarta tapi orang tuanya berasal dari suku Jawa.
Jadi, Dira berasal dari suku apa? lahir di Surabaya, dari mama orang Sunda dan Papa orang Jawa. Emm, yang jelas dira orang Indonesia.

Kadang, orang Sunda sering di"ece" ga bisa ngelafalin huruf "F" dengan sempurna. Padahal sebagian besar bisa kok. Nah, Dira ga mewakilin ini. Dira sering kali cerita temen mainnya Fefe, di sela-sela ceritanya dia selalu menegaskan. Bukan "Pepe" ma, tapi "Fefe". ga tau siapa yang dulu manggil "Pepe" perasaan setiap nyebut namanya aku bilang "Fefe" kok.

Eh, tapi itu semacam pembuktian kalo Dira gak Nyunda.. buktinya dia bisa ngelafalin F dengan sempurna. Padahal ngomong aja kadang masih ga jelas.

Dira juga ga bisa bahasa Jawa. Walopun tinggal di Surabaya, yang sebagian besar orang pada ngomong bahasa Jawa, Dira belum mempunyai kosakata Jawa satupun. Dan, Alhamdulillah ngomongnya juga ga "medhok" seperti kebanyakan orang Jawa.

Ah ya, kalo Dira nanti di sekolah ditanya dia dari suku apa, kira-kira apa jawaban tepatnya ya? sepertinya Indonesia itu bukan suku bangsa.

0 komentar: