Busui...


Tadi di angkot, ada bayi imut lagi ngempeng.. umurnya kayaknya baru sekitar 4 bulana. digendong sama neneknya.. gak lama, anaknya kusak kusuk.. gosokin matanya terus.. laper ni, pengen mimi kayaknya.. berpindah tanganlah itu anak ke ibu yang dduk di pojokan. kayaknya si, itu ibunya.. dan memang iya. tanpa fikir panjang.. si ibu langsung menarik kaos bagian atasnya.. ngeluarin pay*d*ra kirinya. trus disodorin ke mulut baby imut tadi.. Shock?? gak juga.. tp lumayan bikin miris juga..

di satu sisi.. seneng ngliat ibu yang sadar memberi ASI.. tapi, di sisi lain, miris ngliat ibu itu yg ga membaca situasi.. halah bahasanya.. di depannya itu lo ada bapak2 yang bukan suaminya.. dia pasti bisa melihat bagian yg seharusnya terlindungi.. aurat yang bener bener berharga deh klo buat ibu ibu.. kan bisa aja ditutupin pake kain gendongan.. atau pake apalah.. jangan sebuka bukaan gitu..

ngomong-ngomong soal ibu menyusui.. seneng banget sekarang sudah mule gencar lagi kampanye ASI.. udah mulai banyak mamaperah mamaperah bergentayangan.. sudah mule berkurang ibu ibu yang tanpa fikir panjang menjatuhkan pilihan menyusui anaknya sama sufor yang mo nyamain ASI tapi jauh ke mana mana itu.. (setidaknya di lingkungan sekitarku.. entah kalo di luaran sana).. padahal.. begitu banyak manfaat ASI buat baby kita..

dulu, saat memutuskan untuk hamil, seharusnya ibu-ibu sadar kalo kehamilan itu merupakan satu paket maha berharga. dari mule proses kehamilan itu sendiri, proses melahirkan, dan menyusui.. ga boleh salah satunya di cut.. digantikan sama yang lain.. di Islam sendiri.. kewajiban memberi ASI itu jelas disebutkan dalam Alquran..

coba deh buka Alqurannya.. lihat surat Al-Baqoroh Ayat 233. Allah berfirman " PAra ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan..."

jadi.. menyusui bayi kita itu ibadah.. berpahala.. ga ada alasan buat kita menghindari kewajiban kita itu. kita kadang suka ga nyadar diri.. menuntut anak supaya pinter.. lha kitanya sendiri ga mau ngasi nutrisi terbaik dari bayi.. ngasi ASI aja ogah-ogahan..

Alhamdulillah.. sampai saat ini Dira cantik masih mimi ASI.. ga dikasi sufor lagi.. walopun wktu di rumah sakit sempat terkontaminasi ASI gara-gara mamanya yang kurang pengetahuan.. maafin mama ya nak..

buat dira.. buat masa depannya.. aku harap bisa ngasi dira ASI sampe dua tahun nanti.. aamiin...

btw.. tulisanku ini gak jelas juntrungannya ya.. semoga aja ada manfaatnya.. hehehe.. lagi sedang tidak mood buat nulis.. tapi pengen nulis.. ya jadinya begini ni.. ngacapruk kalo kata orang sunda mah

0 komentar: