busy day...


Minggu kemaren, beraktifitas seperti biasa. sahur, nyuci baju, bikinin bubur dira, mandiin dira, nyuapin dira... nothing special.. sampe mama dapet telpon kalo ibu (nenknya Anton) meninggal. Innalillahi Wa Inna Ilaihi Rooji'un..

mama sambil nangis nyiap2in baju buat berangkat ke Malang. aku nyuapin dira dengan aga sedikit memaksa. semua belum mandi. untung udah sempet mandiin dira tadi. mana dira pake melakukan gerakan tutup mulut segala lagi. makin lama maemnya..

belum siapin bajuku, baju masku, baju dira.. lum siapin makanan dira buat di sana. belum ini.. belum itu.. iya, cucian juga baru dikeringin.. lum sempet jemur.. nelpon irawan, minta disetirin lagi ke Malang, dia ga bisa nganter. ada kuliah sampe siang. kalo siang berangkat. Ibu keburu dikubur. Mama ga mau nunggu

mandi sekenanya.. masukin baju seadanya.. setelah di Malang baru sadar kalo aku ga bawa bantal dira, ga bawa selimut dira. ga bawa saringan buat makannya dira ga bawa mukena juga.. begini ini resikonya buru-buru.

ngebislah kita ke Malang. ke Bungurasih naek taxi ber 4 ber 5 sama dira. mbaknya naek ojek. di bis, sengaja milih tempat duduk paling depan. dira si seneng-seneng aja bisa jalan. aku yang kasian dira mesti ngajak dira ngebis ria.. untungnya si cantik bobo anteng sepanjang perjalanan. walaupun sebelumnya maksa nyopotin kaos kakinya. ga betah banget si dira make kaos kaki

turun dari bis, nyarter angkot ke rumah Ibu. pertama kalinya juga ngajak dira ngangkot. gapapa.. pengalaman.. hehehe.. jaraknya lumayan.. dira udah bangun.. ga mau diem.. udah laper juga. rewel lah sepanjang jalan..

kita sampe, jenazah Ibu udah rapi. udah dikafani.. tinggal nunggu dishalatin trus dikuburkan.. pada nangis-nangis.. aku ga bisa nangis. cuma ngeluarin air mata dikit. ngajiin bentar.. trus nemenin dira lagi. rewel soalnya..

kita sampe sebelum dzuhur. jenazah dikuburkan ashar. nunggu anaknya ibu yang di Kalimantan. om heri. setelah lengkap semua anaknya. ga nunggu lama langsung dibawa ke Mesjid buat dishalatin.

di Malang, kalo ada yang meninggal ada ritual ritual adat yang lumayan menyibukkan.. tahlilan sampe 7 hari, hari ke 40, hari ke 100, hari ke 1000... entah hari ke berapa berapa lagi.. kalo aku, menghindari hal-hal yang berbau melebih-lebihkan dalam ibadah.. jadi ga terbiasa dengan kesibukkan ini...

tidur tumpuk2an.. di kasur mini, tidur bertiga sama dira n mama mertua.. masku tidur di ruang tengah sama Om Heri.. kalo begini, aku ga jadi 3 hari di Malang. sehari aja cukup. Senin siang langsung berangkat lagi ke Surabaya.. mending sibuk berdua di rumah sama dira.. gpp

lagian, perutku juga lagi ga enak.. sakiiitt banget.. ihiks hiks hiks.. bergemuruh terus, banyak udaranya... ffiiuuhhh.. semangat ah.. sabtu kan pulang ke sukabumi..

buat Ibu "Allahummagfirlaha warhamha wa'afihi wa'fu'anha.."

0 komentar: