mudik....


untuk pertama kalinya mudik sama nadira, dira malah sakit. Sampe sempet mikir ga usah mudik aja gara-gara menjelang hari H dira masih demam. tapi.. sayang sayang tiketnya kalo ga jadi mudik. kasian juga keluarga di sukabumi yang udah nungguin aku pulang.. dan udah ga sabar juga pada kepengen ketemu dira..

mungkin dira sakit gara gara kecapean. minggu sebelumnya, kita udah ke malang nengokin neneknya anton.. dilanjut jalan-jalan ke batu, jatim park II. minggu berikutnya, neneknya anton meninggal. kita boyongan lagi, ngebis ke Malang. sampe hari senen, aku di sana. selasa rabu aku cuti, berdua sama dira di rumah.

awalnya, pas cuti itu aku yang sakit. diare akut. sampe batalin puasa saking lemesnya. eh, hari rabunya dira ikutan mencret. karena khawatir, malemnya langsung aku ajak ke dokter. besokannya mencretnya udah berkurang, tp kok malah demam.. terpaksa hari umat aku pulang cepet, biar bisa bawa dira ke dokter lagi..

Sabtu pagi, jadwal pesawat 10.15, demamnya dira masih 38 derajat. ini gimana? tapi Alhamdulillah, setelah dikasi obat, turun demamnya. kitapun berangkat ke bandara dengan rada was was. takut dira kenapa kenapa. aku gendong dira, masnya nenteng 3 tas. itu juga dipersiapkan dengan terburu-buru. soalnya fokus ke sakitnya dira. lupa deh sama packing..

pas check ini, kita duduk ga sebelahan. masnya di nomor 5 aku di nomor 6. untungnya di pesawat ada yang mau tukeran, jadi bisa deketan masku terus.. bingung kalo jauhan, soalny bawa dira. kalo pas butuh apa-apa nantinya susah. beruntung dira ga rewel, mau dikasi mimi. tapi pas take off.. dira nangis kenceng. diikuti koor suari tangisan dari bayi bayi laen. pada sakit mungkin kupingnya.. ya iyalah aku aja yang udah gede denging terus kuping. apalagi bayi. tapi setelah pesawat d atas, dira bisa bobo nyenyak. Alhamdulillah.. hari ini aku masih puasa. dira ga pup seharian. belum tau dia masih mencret atau tidak. tapi badannya udah ga terlalu demam..

jam 12 siang sampe di bandara sukarno hatta. nunggu damri yang ke bogor lumayan lama. kasian dira, kok badannya jadi anget lagi ya. dira juga lemes. bobo terus di gendongan. Ya Allah, moga dira ga kenapa kenapa. ampir sejam nunggu damri. itu juga udah penuh. aku ga bisa duduk samping sampingan sama masku.. untung dira ga rewel. bobo sepanjang jalan. tapi ya.. demamnya itu tetep bikin khawatir.. belum bisa nyuapin dira juga. pasti dira laper. tar aja di bigir nyuapinnya..

berharap, sampe bogor bapak udah jemput. tapi ternyata mereka kejebak macet. mesti nunggu sebentar di pangkalan damri. udah panas, gerah, badan dira lemes.. pengen cepet sampe.. tapi sayang jalanan berkata lain. aku nyuapin dira di mobil, terus ngasih obat - setelah mempertemukan dira sama wawa, abah, dan sepupunya - kita ngelewatin jalan alternatif. jalan utamanya macet soalnya.. mana ac mobil bapak rusak. jadilah kami berlima yang duduk d kursi belakang.. -teh ani sama kenzi, aku sama dira, ditambah masku- berasa di oven. kasian anak-anak. mana perjalanan panjang...

bener aja, jam setengah enem sore baru sampe rumah. dalam keadaan payah. dira demam, kita lemas lunglai. aku si ga mikirin perutku yang keroncongan. yang penting nyuapin dira dulu. biar dira bisa minum obat lagi, biar demamnya turun.. biar dira bisa ceria lagi.. shalat ashar dan dzuhur dijamak di akhir waktu deh.. hiks hiks hiks

begini ini kalo mudik ke kampung.. lewat jalur macet, plus bawa bayi.. tapi Alhamdulillah bisa pulang, bisa ketemuin dira sama sodara sodara di sukabumi. semua pada seneng.. aku seneng.. dira juga.. selama di sukabumi maen terus.. disuruh bobo pun susah.. tapi sekalinya bobo pules banget.. udaranya enak emang buat bobo lama..

0 komentar: