orang mana??


sampai aku lulus SMA, ga pernah ada yang memprtanyakan asalku dari mana. apalagi tebak tebak buah manggis aku keturunan mana. tapi semenjak aku kuliah.. kok banyak yang salah menduga soal kesukuanku..-halah.. bahasa apa ini?- maksudnya aku dari suku mana-terlalu ber"geografi" ni bahasanya-. atau mungkin karena wajahku ga ada khas khasnya.. atau dari dialekku yang kurang nyunda, sampe orang banyak yang ga tau aku orang Sunda?

pernah ada temen kampus nanya, "lo orang mana si nuy?" ya pastinya aku bilang Sukabumi, dia lanjut nanya " berarti lo orang sunda" ya iyalah, keliatan dong dari logat ngomongnya, dari wajah geulisnya -ngaku-ngaku- "selama ini gw kira lo orang padang nuy" hah?cengo.. padang??

terus, pernah juga update status di fb pake bahasa Sunda alus, yang murwakanti gitu.. tau tau temen kuliah -lagi-lagi temen kuliah- komen. "nuy tu sebenrnya orang mana sih?" helloo.. orang sunda atuh kang, teu kaaos kitu eta tulisan abdi meni nyunda kitu? "berarti selama ini aku salah ngira.. kirain nuy tu orang jawa" wadduuh.. mentang-mentang kampus didominasi sama orang Jawa.. jadi dikira Jawa juga

paling nyebelin waktu di depan kontrakan ada bapak-bapak jualan sendal. nawar-nawarin dagangannya, padahal aku lagi sibuk buka gemboknya pintu gerbang yang saat itu entah mengapa tiba-tiba jadi susah dibuka. "mbak, sendalnya mbak" nggak pak, jawabku "mbaknya bukan orang sini ya?" so what? tapi aku ngangguk juga, males debat "mbak dari sebrang ya? dari kalimantan?" idiih.. sok iyey maen tebak-tebakan. masih untung ga aku bales tabok tabokin pake sendalnya. Bukan. jawabku singkat dan padat. -berhasil membuka gembok- "sumatra ya?" nebak lagi " bukan lagi. "orang mana dong mbak?yang pasti mbak dari sebrang kan ya?" maksa banget ni si bapak. biarpun orang sebrang aku ga beli sendal bapak kok. BUKAN pak. jawabku lagi, sambil masuk dan bilang maaf pak,saya ga beli sendalnya sambil menutup pintu gerbang dengan penuh semangat..

pernah juga waktu sarapan sama temen kantor, ada tentara gitu, menjudge saya orang Sumatra. hmm.. kok salah mulu si. padahal dia ngomong dengan yakinnya "dari wajahnya, mbak ini dari Sumatra ya?" aku senyum aja. males menyanggah.. biarin dia nyangkain ku orang mana aja terserah. selama ga ngerugiin..

tapi yang lucu.. tadi di angkot ada yang nyangkain aku orang NTT.. hmm.. perasaan orang sana item-item ya.. berarti aku item sekali di mata nenek itu. ato mungkin nenek tadi udah terlalu rabun sehingga menyangka saya orang NTT.. huhuhu.. rambutku lurus nek, tapi ketutup jilbab. gak kriwil kriwil kok. percaya deh sama aku..

selamanya tebakan orang salah?nggak juga. pernah juga kok ada yang menebak asal muasal saya dengan benar. bapak supir taxi.. denger aku ngobrol sama suami saya -waktu itu masih status pacar- dia bilang. "mbaknya dari Bandung ya?" mungkin maksudnya dia Sunda, kan banyak yang beranggapan orang Suda tuh di bandung semua.. hehehe.. jadi aku bilang iya aja. kan ga jauh-jauh amat Sukabumi Bandung mah. ga sejauh Sukabumi-Sumatra, Sukabumi-Kalimantan, atau Sukabumi-NTT..

jadi aku tegaskan, bahwasanya nunuy markunuy itu mojang Sukabumi, mojang Sunda asli. sekian terimakasih...

0 komentar: