Gratitude Challenge


Pernah denger gratitude challenge?
Diriku beberapa hari ini liat status temen di facebook yang tiap hari posting 3 hal yang dia syukuri dalam 1 hari, dan di atasnya dia kasih judul “Gratitude Challenge #day..”

Dari baca statusnya aja, aku ter #plaaak.. Disadarkan. Ternyata, banyak sekali hal-hal yang wajib kita syukuri. Walau sepintas, sepertinya hanya hal-hal remeh. Tapi, seharusnya, kita tidak mengecilkan Nikmat Allah, bukan?

Karena ketergugahan yang dicampur penasaran, googlinglah aku tentang apa sih gratitude challenge itu? Kebanyakan link yang muncul, ya datengnya dari luar. Sedikit sekali yang berbahasa Indonesia.

Dan sampailah aku ke website http://www.gratitudechallenge.com/. Ini tampilan websitenya.



Tapi, berhubung bahasa Inggrisku pas-pasan. Aku gak lanjutin baca-baca blognya. Cuma, sependek kemampuan berbahasaku, diriku menyimpulan Gratitude challenge itu, tantangan untuk menuliskan hal-hal yang patut kita syukuri, lalu membagikannya kepada orang-orang supaya bisa menggugah orang-orang untuk selalu bersyukur, bahkan untuk hal kecil sekalipun.
Di website ini si, tantangannya untuk 21 hari. Soalnya, kalo ga salah aku pernah baca. Sebuah kegiatan yang kita lakukan selama 21 hari berturut-turut, meskipun pada awalnya dilakukan dengan terpaksa. Lama-lama akan menjadi sebuah kebiasaan. Ya, tantangan ini hanya sebagai awal untuk membiasakan diri kita untuk selalu bersyukur, bersyukur, dan bersyukur. Setelah masa ujinya lewat, tanpa sadar kita sudah menjadi pribadi yang penuh syukur.
Kemudian, diriku mendiskusikan hal ini dengan teman. Dia bilang “... baguss itu.. belajar mensyukuri apa yg ada... melatih mental keberlimpahan... dan menghilangkan mental kekurangan (scarcity mentality)..”

yess.. begitulah..
daripada mengeluuh, fokus ke hal yang belum kesampean, yg mengecewakan..
mending fokus ke hal2 baik yang kita punya.. mensyukuri

kemudian backsound mengalun di kepalaku. D'masiv nyanyi penuh penghayatan
syukuri apa yang ada... hidup adalah anugrah..

Tapi kemudian temenku melanjutkan “Sebenernya harusnya bukan begitu.. bukan dari hal-hal mengeluh.. dst.. aslinya dengan mensyukuri apa yg kita punya berarti kita sedang membesarkan wadah untuk menampung berkah lebih besar untuk masuk ke dalam kehidupan kita.. kita melatih diri dari hal-hal kecil yang dipercayakan-Nya pada kita.. nanti pasti akan datang hal-hal besar yg dipercayakan ke kita..
kalo aku memandangnya kira2 githu.. ;)
Tuhan itu adil, makanya wadah kecil dikasih kecil.. wadah besar akan dikasih besar..”

manggut2..ga bayangin yang ngomong kayak gini, tontonannya Masha & The Bear juga. Padahal aku ga kefikiran sampe ke situ.. hehehe

Nanggepin komenku tentang Masha barusan dia bilang “Anak-anak lah yg empunya kerajaan surga.. maksudnya, hati yg polos dan bersih seperti anak2... liat film marsha bisa belajar ttg hal itu.. mengingatkan lagi dan lagi.. hidup ya mestinya kayak anak2.. ;)
maklum kalo belum paham.. masih kecil soalnya... hehehe..
emang menurutmu tadinya seperti apa? ya hanya sekedar utk mengalihkan yg tadi? "daripada" itu ya?”

iya, gitu kurang lebih yang ada di kepala aku. diriku suka lupa.. kalo sebagai muslim, kita juga diajarin semakin kita bersyukur, semakin akan ditambah nikmat kita. Ada di Surat Ibrahim ayat 7 “ Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan. “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (ni’mat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (ni’mat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih”.

Dialogpun berlanjut, temenku mengiyakan “sebenernya vibrasi dalam diri kita yg penting saat syukur itu..co, aku dulu inget temenku suka beli sepatu, pakaian, terus aku tanya koq bela beli melulu? dia bilang ini rejekinya mereka mas, ya rejekinya penjaga toko, yg bikin barang2 itu, etc..
aku dulu ga kepikiran sampe situ.. skrrg aku melatih kalo beli bensin aku bersyukur bisa memberi rejeki untuk pegawainya, bosnya.. beli makanan, bersyukur bisa ngasih rejeki buat mereka.. etc..
terutama saat mengeluarkan uang.. karena ada bagian diri yg ga rela.. padahal itu lah saatnya berbagi..
gmana dapet pencerahan hari ini? Hahaha”

Yaaa.. lumayan tercerahkan. Ngobrol sama bapak yang satu ini, materinya selalu berat. bener-bener bergizi, nutrisi buat fikiran, terkadang buat hati. Dan, saat aku sampai pada curhat tentang beberapa bagian hidupku yang kacau, dengan kegagalan di sana dan di sini, dirikupun dapet petuah.
“biasanya kekuatan kehendaknya masih kurang aja.. kalo kuat, apa aja bisa kamu lakuin.. prinsipnya kalo orang lain bisa kenapa kamu tidak?
emang ga mudah, karena banyak tantangan di sekitar kita.. terutama yg level pemahamannya masih kurang.. para penilai.. para pelemah..
poinnya, kita yg nentuin nasib kita sendiri.. tergantung kekuatan kehendak kitanya aja koq.. “

Hmmm... topik diskusi yang lumayan juga ternyata. Di akhir sesi, diriku sampe menghela nafas panjang. Berasa capek. Dan, butuh 2 coki-coki untuk sedikit menghilangkan mumet yang jadi efek samping perbincangan ini. Hohoho

So, mari kita mulai tantangannya hari ini.

0 komentar: