episode ngangkot..




Waadduuh.. mimpi apa aku semalem? Bisa-bisanya seangkot sama orang kurang –apa ya sebutannya yang enak?- kurang waras sih kayaknya..

Kayak biasa, jam 7 aku sampe terminal joyoboyo. Diriku asyik aja mantengin hp, fban. Ga terlalu ngeh sama sekitar. Di depanku persis ada bapak-bapak umur 40an pake batik merah, bawa tas selempang (kayak tas kerja gitu) ditaro di pangkuannya.

Aku cuek bebek. Orang seangkot ga ada yang kenal. Aku diem aja. Di jalan, itu bapak yang duduk di depanku ngomong ga berhenti berhenti. Aku biasa aja. Lagi ngobrol sama temennya kali –fikirku- tapi kok, yang kedengeran Cuma suara dia aja. Lawan bicaranya ga ada yang nyahutin.
Penasaran, diriku liat ke kanan, ke kiri. Selama dia ngomong, tu bapak ternyata ngomong sendirian. Yang laen ga ada yang ngerspon..Pura-pura ga denger.

Sedikit-sedikit aku ngerti dia ngomong apa – dia pake bahasa jawa sodara-sodara. Dan perbendaharaan kata saya udah lumayan. Hehehehe – kurang lebih dia cerita kalo istrinya diambil orang. Terus dia misuh-misuh. Menyumpahi orang yang ngambil istrinya. Terus tiap ada mobil bagus, dikomentarin..

Yang bikin aku makin curiga dia agak sakit. Dia ngomong –ini udah aku translate, aslinya dia ngomong bahasa jawa – “masa aku disuruh masuk ke menur? Enak aja aku disuruh sekolah di situ. Orang aku waras wiris kok. Emoh aku disuruh bareng-bareng ngumpul sama orang gila. Menur itu lha sekolahe orang gila to? Aku emoh masuk situ. Orang aku wis lulus dari situ. Masa disuruh masuk lagi..” ngomel lah terus dia sepanjang jalan.

Aku udah risih aja. Orang dia persis di hadapan aku. Alhamdulillah udah deket. Makanya, pas ada penumpang turun di embong yang jalannya PMI itu, depan L-viors aku ikut turun aja.. ngeri lama-lama bareng orang aneh.
Ffffhhhh… what a day…

0 komentar: