manajemen ASIP


ASIP tuh gak kayak aer yah.. kalo udah didinginin, dibekuin, terus dicairin lagi.. jadinya ga sebagus dari yang fresh.. kalo air, setelah dingin, beku, cair lagi.. ga masalah

ASIP kalo udah dibekuin, mesti langsung buru2 diminum, ga boleh dibiarin gitu aja. sebelum 24 jam harus udah diminum sama adek bayi.. lagian, ASIP beku juga ga tahan lama. kalo di freezer biasa cuma bisa tahan 3 sampe 4 minggu. kecuali kalo di freezer khusus, bisa berbulan-bulan.

nah, diriku pernah nemuin ASIP yang udah beku, terus gara2 hal yang tidak diduga (mati lampu kayaknya) si ASIP akhirnya mencair. ihiks. awalnya seneng, toh aku fikir nanti bisa diminumin.. tapi ternyata, yang diminum ASI yang fresh, si ASIP ga keminum. berhari-hari disimpen di kulkas. tetep aku diemin. sayang banget mau buang. itu kan hasil pumping yang melelahkan. lelah fisik, capek hati juga. perjuangannya banyak.

tapi ternyata, asipnya ada yang ngebuang juga.. walopun diriku pengennya si ga usah dibuang. kalo ga ada yang minum, biar diriku minum aja, paling sakit perut (fikiran pas lagi ga waras.. ahahahaha) dan diriku masih tetep nyesel.. padahal yang ngebuang ga mikir apa-apa.. padahal ASIPnya juga udah ga bisa diapa2in.. tapi diriku tetep sakit ati ajaa...

jadi inget, dulu.. bukan ASIP beku.. tapi ASIP baru, fresh.. tau2 setelah capek2 pumping ada yang buang.. katanya biar begini, biar begitu... aku si nurut aja.. biarpun rasanya nyesek..

yah.. mari kita belajar manajemen ASIP biar ga ada ASIP yang kebuang percuma lagi..


0 komentar: