22.. 23.. 24.. 25.. 26..


22 Desember... Hari ibu
ritual pagi biasa, mandi pagi. berendam air hangat.. di tengah asiknya bermain air, dira tiba-tiba berhenti, menatapku sejenak. lalu, kedua tangannya ditempelkan di pipiku. menatap mataku "ada iya di mata mama" katanya. aku, kehilangan kata-kata saat itu. terpaku pada wajah kecilnya "bukan hanya di mata mama sayang, di hati mama juga ada dira" jawabku. lalu dira kembali sibuk dengan airnya, dengan ritual paginya

dan, itu kado hari ibu terbaik..

23 Desember... Hari libur
hari ini.. mama sama papa di rumah "iya sayang mama.. sayang papa.. sayang semuaaa"

24 Desember... masih libur
Papa mencoba kemeja di kamar pas matahari Tunjungan Plaza "itu baju buat apa pa?" tanya dira penasaran "buat kerja sayang" jawab papa singkat. tiba-tiba dira nangis sesenggukan di dalam. aku yang menunggu di luar sontak kaget. mengetuk pintu "ada apa nak?" dira masih menangis.. aku gendong.. aku peluk "dira kira papa mau kerja ma, tadi dira tanya ini baju buat apa, aku bilang buat kerja. kata dira ganti baju ini aja -nunjuk kaos yang dipake dari rumah- papa ga boleh kerja" dira kangen mama papa ya?

25 Desember... terakhir libur
"besok mama sama papa kerja ya sayang" dira asyik dengan mainannya "iya ikut?" melihat ke arahku "ngga boleh sayang.. dira di rumah. sama eyang" dira kembali asyik dengan mainannya

26 Desember.. kembali bekerja
"mama gak boleh kerja! mama jangan kerja!" dira memelukku kencang.. kita sedang jalan-jalan melihat 'mpus' tetangga "mama harus kerja sayang.. dira di rumah sama eyang ya" aku mengajak dira kembali ke rumah.. lalu pamitan untuk berangkat ke kantor. tiba-tiba dira merajuk, lari ke pagar.. "iya ikutt.. iya ikut mama kerja..." mama juga pengen sama dira terus nak.. tapi mama harus kerja

#mama sayang dira
selalu

0 komentar: