Buanglah Takut Pada Tempatnya


Kalian takut sama sesuatu, seseorang, atau seseekor (apapula ini seseekor)? Maksudnya, takut sesuatu kan takut sama benda. Takut seseorang ya takut sama orang, takut seseekor maksudnya takut ama binatang -iya, iya, diriku agak maksa emang ngepasin imbuhan se tadi-.
Kalo Doraemon takut ama tikus..Aku sih, banyak. Takut kecoak, takut anjing, takut tikus, takut kucing, takut bokek -halah-.
Tapi, kadang kita sadar ga si kalo ketakutan-ketakutan itu kita bikin-bikin sendiri?
Aku misalnya, aku tuh takut banget sama kecoak. Pasalnya apa? Karena aku aja yang mikirnya kejauhan. Suka geer tiap kali lihat serangga yang tidak bersalah itu, terus seenaknya mikir "Ni kecoak pasti mau nemplok ke aku kan? Terus badannya yang kotor itu pasti nempelin penyakit ke badan aku. Terus, nanti bisa-bisa aku sakit."
Padahal, itu kecoak cuma nongkrong-nongkrong aja. Ga ada niat godain aku. Tapi, karena diriku memancarkan sinyal  'kamu pasti mau gangguin aku kan'? Law of attraction pun mengejawantah -apaan sih?!-. Si kecoak nangkep sinyalku. Dan, makhluk itu meresponnya dengan mengiyakan fikiranku.
Terbanglah itu si binatang kecil, coklat, nan bau ke badan aku. Lalu diriku tereak sekuat tenaga. Badanku menggelinjang-gelinjang gak jelas, berharap si kecoak bisa lepas dari badan aku dengan sendirinya. Dan dasar sial. Berkali-kali, hal itu kejadian sama diri aku.
Kemudian, karena aku mau pasang image emak jagoan. Ga mau dong  aku keliatan takut kecoak di mata Nadira. Makanya, aku berkali-kali bilang sama Nadira "Ga usah takut ama kecoak. Kecoaknya yang takut ama kita" lebih ke menyugesti diri sendiri jadinya.. Tapi, IT WORKS..
Setelah sering ngomong gitu ke Dira. Tiap kali ada kecoak, aku belajar cuek. Seterah lu dah Coak, mu nongkrong kek, mau nangkring kek. Gua ga peduli. -pasang tampang blagu-. Eh, si kecoak yang biasanya pasang kuda-kuda waspada buat nyerang aku, malah balik kanan putar badan terus menjauh dari diriku. Yess.. Pekikku penuh kemenangan. Ga perlu dipukul, kecoaknya menjauh sendiri. Soalnya diriku udah pasang sinyal masing-masing aja deh ya Coak. Dan kecoakpun berlalu.
Dan tau gak para pembaca yang budiman -budiwoman kalo yang cewek-. Kadang kita takut bukan cuma sama hal yang kasat mata kayak kecoak aja lo. Kita itu sering takut sama sesuatu yang ga berbentuk -bukan hantu lo-. Salah satunya, kita takut gagal.
Yap, betuul..  Kita takut sama sesuatu yang kita ciptakan sendiri. Padahal.. Kalo kita berusaha, si gagal ini mungkin balik kanan putar badan terus menjauh dari kita. Macam si Coak tadi.
Dulu sekali, pas aku baru gabung di oriflame. Belum apa-apa aku udah bilang. "Susah ah. Tar gagal lagi ah. Ga bakal laku ah. Ga mungkin berhasil lah" Karena fikiran-fikiran negatif ini yang aku pancarin terus-terusan di kepala aku, maka sekali lagi law of attraction beraksi. Sinyal negatif ku memanggil semua Hal buruk itu untuk datang.
Coba kalo aku mikirnya. Pasti bisa. Pasti berhasil. Pasti laku. Pasti diamond. Fikiran positif ini pasti menemukan pasangannya. Hal-hal baik pula yang akan dateng ke kita.
Hmmm..  sekarang.. Diriku lagi belajar menghadapi ketakutan dari yang gak kasatmata itu.
Diriku mulai Menanamkan di kepala aku. Kalo gagal itu jauuh dari diri aku. Kalo aku pasti berhasil. Kalo aku pasti bisa. Lalu, keberhasilan itu akan menemukan jalannya. Selama aku yakin bisa.
Jadi, mari kita buang takut pada tempatnya.


0 komentar: