Pusing...


kepalaku kayak mau pecah. Cenat-cenut ga karuan, mata panas, idung meler, badan linu semua. Gejala Flu kah? Ga tau deh.. yang jelas semalem juga aku kurang tidur si. Pertama, karena Dira masih demam. Kedua, karena aku penasaran ama novel The Road.
Kemaren itu, pulang kerja disambut Dira yang cuma pake kaos singlet aja. Badannya panas banget dan batuknya menghawatirkan sekali. Yang paling bikin lebih sedih lagi, Nadira semalem marah sama aku. Ga tau kenapa, dia ga mau aku sentuh *mewek di pojokan. Pas aku tanya, "Dira kenapa? marah sama mama?" dia cuma jawab dengan singkat -sambil malingin muka- "hhhh.. Dira Marah!" Katanya.
Jadi, semalem itu aku ga bisa makan, ga tega liat matanya Dira yang celong dan berair. Keliatan banget lagi sakitnya. Badannya juga lemes, senderan ke bantal sambil dielus-elus sama akungnya. Yang dicari malah akungnya, bukan aku. Pengen nangis kejer deh rasanya.
"Maafin mama nak, udah bikin Dira marah" Aku terus aja elusin kakinya. Tapi dia tetep aja ga mau noleh. Aduh naak.. mamamu ini salah apa lagi?
Dan, bobo manislah Dira. Aku ikutan ngelungker di ujung kakinya. Ngerasain panas yang menguar dari badannya.
Jam setengah 12 malem Dira ngompol. Aku gantiin celananya, aku pakein pampers ga mau. Akhirnya, Dira pindah ke kasur yang masih kering. Meninggalkan jejak ompolnya yang ditutupin kain.
"Dira minum obat ya?" aku bujuk dia biar mau minum obat demam puyer dari Dr. Fauzin. Tapi Dira cuma geleng-geleng aja.
"Minum obat sirup mau?" Tanyaku sambil nunjuk Proris.
Akhirnya dia manggut-manggut, restu buat minumin dia obat. Duuh.. keningnya panas banget, badannya juga. Tapi aku kompres ga mau...
"Dira mau mainan rambut" Katanya sambil ngantuk-ngantuk. Akupun tiduran di sebelahnya, biarin dia ngelusin rambutku sampe dia bobo pules lagi.
Akhirnya, ga sampe lama, Dira bobo juga. Aku ngawasin di sebelahnya. Aku lanjutin baca novel, sambil bolak balik pipis. Terus setiap beberapa menit ngecek keningnya, anget ato ngga, turun ato ngga demamnya.
Alhamdulillah, jam 3 aku cek badannya udah adem. Terus aku ikutan bobo deh di sebelahnya.
Jam 5 kurang dikit Dira bangunin aku. "Kebelet pipis maaa" katanya..
Aku buru-buru bawa Dira ke kamar mandi. Dira udah ga lemes lagi, walopun badannya masih aga anget. Balik kamar, aku ajak cek suhunya pake termometer, dia nolak. "G mau maaah.."
Aku nurut aja.
"Mama mandi dulu ya nak, kan mau kerja" aku elusin kepalanya yang masih aja anget
"Mama jangan kerja! mama di sini aja temenin Dira.." Dipeluknya aku kenceng-kenceng. Ga mau lepasin.
"Biar boleh kerja, mama harus apa dulu ni sama Dira?" Negosiasi, kali aja berhasil.
"Main balok dulu, bacain Dira buku, main masak-masakan, mewarnai, baru deh mama boleh kerja" katanya dengan muka berbinar-binar.
Aku ambil buku cerita kesukaannya. Biarin Dira milih judul mana yang mau aku bacain.
"Mau yang ini mah" Dira nunjuk cerita Melukis cinta..
Dengan semangat aku bacain ceritanya. Disela sama pertanyaan Dira tentang bukunya, tentang gambar2nya, tentang apa aja yang melintas di kepalanya.
Udah 3 judul buku aku bacain. Dah jam setengah 6. Belom ada tanda-tanda aku dibolehin mandi. Dira malah minta makan, laper katanya.
Aku suapin aja Dira, terus minumin obat. Abis itu aku tinggal mandi. Dan Dira nangis-nangis di luar pintu. Feeling guilty.. tapi mau gimana lagi?
Jam 7 aku berhasil bujuk Dira buat ngijinin mamanya yang imut ini berangkat kerja. Dengan Dadah-dadah ga rela dan cemberut menghiasi bibirnya, Dira mengantar mamanya ini naik angkot. Dan diriku pun melaju.. sambil deg2an.. Tlb 2 gak???
Daan.. sejam kurang lima belas menit kemudian.. aku udah nyampe di depan mesin absen. Setor jari tepat pukul 08:00:43. Masih Tlb 1 kan???


0 komentar: