senjata makan tuan...


"Dira ga boleh makan coki-coki, nanti batuk!"
"Jangan minum air dingin ya, nanti batuk"
"Pake jaket ya sayang, biar gak masuk angin"
"Kalo ga bisa belajar dong nak"
"Dira jangan lari-lari, nanti kejedot!"

Itu cuma sedikit dari wejangan diriku buat Nadira. Ternyata semua emak di mana aja sama. Suka nyuruh-nyuruh, demen ngelarang-larang anaknya. Demi apa? ya demi kebaikan mereka laaah.. -tsaaaah..-

Yang ini seriusan, emang buat kebaikan mereka. Mana ada si orang tua yang mau menjerumuskan anaknya kepada ketidak baikan -ngomong apa si aku?- kecuali orangtua stres dan sakit jiwa mungkin.

eh, lanjut ke bahasan larang-melarang ini. Kayaknya list di atas itu top Five larangan dan perintah aku buat Nadira. Bisa-bisa, aku dicap bawel sama Dira, padahal kan aku pendiaam.. -Udah, yang ga setuju bilang ajah, jangan ngrundel di belakang.. -.

Jadi, Kapan itu aku foto-foto upeti dari mas Mahenk n mas Fanani. Itu tu.. coklat-colat buah curhat. Kan aku simpen di Hp fotonya. Pulang kerja, Dira yang emang biasanya mainin hpku nemuin lah itu foto..
"mama, mama... kok mama punya ini siih?" katanya sambil nunjukin foto itu
Wadduuh.. lupa ngapus barang bukti. Jejak ku terekam deh sama Nadira.
"Kok mama makan coki-coki si? nanti batuk looo!" Kata Dira.
Aku muter otak, gimana caranya menyelamatkan diri dari rasa malu. "itu bukan punya mama nak.. itu punya temen mama" Sambil ngasih alesan, sambil ngapus itu foto.DELETE. hhhh....

Untungnya Dira ga memperpajang urusan.. Pelajaran buat aku. Ga cukup cuma ngumpetin coki-coki di kantor. Dan membuang semua kemasannya di tempat sampah sebelum nyampe rumah. Amankan juga folder poto di hp. Jangan sampe nyimpen gambarnya. Oke. sippp..

"Papa, kok papa minum air dingin sih?" Naah.. kali ini papanya yang kena. Aku yang merasa diri selalu mencontohkan Nadira dengan kebiasaan minum suhu ruang -itu loo.. minum air dari dispenser, ga pake didinginin dulu di kulkas- melemparkan tatapan ke papanya.. "Kena looo..." huehehehehe..

Papanya mesam mesem. "Ini udah ga dingin nak, kan udah papa keluarin dari kulkas" Terus balik ngelirik aku "Tenang, suasana aman terkendali" itu ceritanya kita ngomong lewat tatapan mata ajah, kita kan bisa saling memahami tanpa kata-kata -eciiieeeee-.

"Papa masuk angin nak" Kata papanya Suatu hari. "Makanya papa pake jaket dong.. biar ga masuk angin" Naah kan.. papa ni suka ga nurut. Dira bilang juga apa. Jadi, tiap papanya mau berangkat kerja -subuh-subuh dan kalo dira pas bangun ikut nganterin ke pintu- Dira selalu ngasih wejangan. "Jaketnya diresletingin ya pa, biar ga masuk angin" Good girl...

Kalo lagi belajar nulis ato gambar, Dira suka menyerah gitu aja. Ngelempar pensilnya terus bilang. "Dira gak bisa" terus manyun. Aku pasti bilang "Makanya belajar dong nak, biar Dira bisa" Suatu malam, tanpa sinar bintang. Hanya sinar lampu yang menerangi kebersamaan kami -ya iyalah, di kamar mana ada sinar bintang-. Aku main-main lah sama Nadira.

Ceritanya, Dira minta aku gambarin ini itu.
"Bikinin kucing ma!" Siap laksanakan.
corat coretlah diriku di buku gambar, dengan niat menggambar kucing. Tapi hasilnya..
"Ini gambar apa ma?" Dira memperhatikan gambarku dengan seksama, jidatnya udah nyureng-nyureng
"Gambar kucing nak" Jawabku innocent.
"Gambar kucing kok gini?" Dengan kata lain. Gambar mama jelek. ini ga mirip kucing
"Mama ga bisa gambar nak" Pembelaan
"Kalo gak bisa, belajar dong ma!" Jedeeerrr.. senjata makan tuaan. -eh, nyonyaa-
Diriku pun tertunduk maluu...

Kalo Diriku yang melarang Dirinya -nadira maksudnya- baut gak lari-larian di rumah, itu kayaknya nasihat yang jarang sekali menimbulkan efek senjata makan tuan. Soalnya, emang Dira sering kejedot kalo lari-lari, sering kepeleset kalo lari-lari, dan kecelakaan-kecelakaan kecil lainnya. Kalo emaknya si, lari-lari dengan pengalaman. InysaAllah ga pake jatoh, apalagi kejedot. Dan, lari-lari di ruang PKB itu dibutuhkan. krusial sekali sodara-sodara. Berhubung padatnya jadwal ini sekre serabutan.
Jadi nak, jangan larang mama buat lari-lari yak. Mama ga bakal kejedot kok. Kalopun iya, mama bisa nahan sakitnya -tapi pasti ga bisa nahan malunya- Huahahaha

yaah.. begitulah
udahan yah
iya, udah aja
ada lagi gak?
*mikir. EEmm.. kayaknya ga ada,
yaudah kalo gitu

0 komentar: